Persiapan Ujicoba Instalasi Biogas
6 Januari 2022 (14:34:44)

714

Ogan Ilir - bertempat di Sriwijaya Science Techno Park (SSTP), Ogan Ilir, tim Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumatera Selatan bersama-sama dengan tim Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) SSTP Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan, didampingi oleh Narasumber Dr. Arfan Abrar, S.Pt., M.Si., Ph.D. telah dilaksanakan persiapan ujicoba instalasi biogas. Kegiatan dilakukan dengan mengunjungi lokasi instalasi biogas dan diskusi.

Menurut Dr. Arfan Abrar, S.Pt., M.Si., Ph.D., prinsip operasional instalasi biogas adalah 1) Instalasi biogas merupakan bagian dari sanitasi kandang harian, yang memberikan manfaat yaitu: kandang menjadi bersih, nafsu makan sapi meningkat, sapi menjadi sehat dan gemuk, dan 2) Instalasi biogas merupakan sumber energi baru terbarukan (EBT), berkaitan dengan integrated farming, biogas sebagai sumber energi listrik, dan effluents/bioslurry yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman. Pembangunan instalasi biogas di SSTP Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan yang lokasinya berdekatan dengan kandang, sudah sangat sesuai dengan prinsip operasional tersebut.

Diskusi dilakukan terkait teknis pelaksanaan pengelolaan biogas. Faktor yang memengaruhi keberhasilan pengelolaan biogas yaitu jumlah sapi, volume kotoran hewan, dan rencana penggunaan integrated farming. Instalasi biogas ini ke depan diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai prinsip operasional.

Foto Berita

2193
2196
2195
2197
2198