Uji F0 Pada Pengalengan Malbi Daging, Pindang Burung dan Gulai Ayam Nanas di Inkubator Pengalengan Produk Pangan Balitbangda Prov Sumsel
18 Oktober 2021 (22:57:03)

687

Pada Tanggal 12-14 Oktober 2021, telah dilakukan kegiatan Uji F0 pada 3 produk kaleng yaitu Malbi, Pindang burung dan Gulai ayam nanas. Kegiatan ini dilaksanakan di Inkubator Teknologi dan Bisnis Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan. Uji F0 dilakukan untuk menentukan Kecukupan Panas pada produk yang dihasilkan di Inkubator Teknologi dan Bisnis Balitbangda Prov Sumsel. Pengalengan Malbi Daging kerja sama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan, Pengalengan Pindang Burung Bu Romlah kerjasama dengan Balitbangda Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Rumah Makan Pindang Burung Bu Romlah Desa Muara Batun Kec Jejawi Kab Ogan Komering Ilir, dan Pengalengan Gulai Ayam Nanas kerjasama dengan Balitbangda Kabupaten Lahat dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat. Kegiatan Uji F0 ini melibatkan tenaga ahli Dr Asep Nurhikmat dari LIPI Gunung Kidul Yogyakarta. Kegiatan uji F0 dilaksanakan selama 3 hari mulai tgl 12 s.d 14 Oktober 2021. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Balitbangda Kabupaten Ogan Komering Ilir beserta jajarannya, ibu Bupati Kabupaten Lahat bersama Tim Penggerak PKK dan kepala Balitbangda Kabupaten Lahat bersama jajarannya. Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Balitbangda Sumatera Selatan Dr. Drs. Alamsyah, M.Pd mengucapkan terimakasih kepada Tim LIPI yang telah meluangkan waktu untuk melakukan Uji F0 pada 3 Pengalengan produk pangan dengan datang langsung ke Inkubator Pengalengan Produk Pangan di Balitbangda Sumsel dan juga memberikan apresiasi kepada pra mitra yang telah bekerjasama dalam kegiatan pengalengan ini.


Kegiatan Uji F0 ini berjalan dengan baik selama 3 hari berturut-turut, dan berjalan sukses tidak terlepas dari kekompakan tim pengalengan produk pangan dibawah arahan Dr. Drs. Alamsyah, M.Pd selaku Plt. Kepala Balitbangda Sumatera Selatan, Nursanti, M.Si selaku Kasubbid Difusi Inovasi dan Penerapan Teknologi yang dibantu oleh Azizah, SE selaku Kasubbid Pengembangan Teknologi dan Inovasi dan Ir. Agus Sofyan selaku Kasubbid Diseminasi Kelitbangan. Yang tidak kalah dalam memberikan andil keberhasilan uji F0 kali ini adalah dengan adanya 2 peneliti handal Hendrixon, ST, MMT dan Yenni Sugiarti, MSi dan tentunya dibantu oleh seluruh Tim pengalengan di Inkubator Balitbangda Prov Sumsel. Selanjutnya, Bapak Dr. Asep Nurhikmat menyampaikan hasil review selama 3 hari melakukan uji F0, yaitu: 1) Kalau diberi penilaian maka kekompakan Tim Pengalengan diberi Nilai A, karena masing-masing personil sudah membagi tugasnya masing-masing dibidang produksi, mesin, dll sehingga kegiatan berjalan lancar, 2) Pelaksanaan kegiatan pengalengan sebaiknya menyesuaikan ketentuan atau SOP yang telah ditetapkan inkubator, dengan menetapkan agar bahan yang akan dikalengkan minimal pukul 08:00 pagi sudah diproses, 3) SOP operasional mesin sudah berjalan dengan baik, 4) baik mesin boiler maupun Autoclave dan seamer masih berada dalam kondisi baik, dimana pada saat dilakukan uji F0 sekaligus juga mengkaliberasi mesin Autoclave, 5) hygienis dan sanitasi sudah cukup baik.


Menurut Bapak Asep, sudah saatnya mulai difikirkan untuk merekrut tenaga khusus yang mengelola inkubator Pengalengan Produk Pangan agar jika sudah banyak permintaan produksi dari konsumen tidak mengganggu operasional produksi. Kedepan diharapkan Inkubator Balitbangda Prov Sumsel sudah memiliki tenaga professional yang lebih handal dalam memproduksi produk pangan olahan lainnya dalam kemasan kaleng.

Foto Berita

2058
2059
2060
2061
2062
2063