Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Innovative Government Award IGA tahun 2021 di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
21 September 2021 (08:32:22)

669

Pada Hari Selasa, Tanggal 14 September 2021, telah dilaksanakan Pembinaan Kegiatan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI kepada Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui OPD Bappeda Litbang oleh Tim IGA Bidang Ekonomi Pembangunan, Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan.

Pada acara tersebut, Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ibu Ika Oktavianti, S.E., M.Kom yang dalam hal ini mewakili Kepala Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan, menjelaskan bahwa Penilaian dan Pemberian Penghargaan IGA berdasarkan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sebagaimana tertuang dalam Pasal 388 Ayat (9) dan Ayat (11) menyatakan bahwa "Pemerintah Pusat memberikan penilaian terhadap inovasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah" dan "Pemerintah Pusat memberikan penghargaan dan/atau insentif kepada Pemerintah Daerah yang berhasil melaksanakan inovasi". Tujuannya adalah memotivasi Pemerintah Provinsi/ Kab/ Kota untuk meningkatkan inovasi dalam pelayanan masyarakat sesuai dengan kategori, menerapkan penerapan good governance, dll.

Saat ini, Skor inovasi Kab OKUS adalah 21,65 (kurang inovatif) berada diperingkat ke-346 Nasional dan ke-11 di Sumatera Selatan. Dari hasil monitoring, inovasi yang dihasilkan oleh Pemkab OKUS sangat baik, bahkan beberapa inovasi sudah dilaunching oleh Bupati, namun salah satu yg menjadi kendala adalah petugas operator kurang memiliki keterampilan dan pemahaman dalam menginput data pendukung.

Hasil dari pembinaan IGA 2021 adalah Kepala Bappeda Litbang, Bapak Natalion, S.STP., M.Si akan segera menyusun SK Bupati terkait Penunjukan PIC IGA untuk setiap OPD di Pemkab OKUS, menyusun SK Bupati terkait penetapan seluruh inovasi yang menjadi kewenangan Pemkab OKUS,  petugas operator memahami dan bisa mengimplementasikan input data ke aplikasi, serta skor setelah pembinaan meningkat menjadi 30,47 (inovatif) dengan peringkat naik menjadi ke-8 di Sumatera Selatan.

Selanjutnya diharapkan pembinaan ini akan menghasilkan Pemerintah Daerah yang inovatif demi mewujudkan Program Bapak Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, yaitu Sumsel Maju Untuk Semua.