Balitbangda dan DRD (Dewan Riset Daerah) Prov.Sumatera Selatan Menerima Kunjungan Sekda, Ketua DRD dan Anggota, Kepala Bappeda dan Tim Kabupaten Bengkulu Tengah
1 Juli 2021 (08:17:42)

660

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan dan Dewan Riset Daerah Provinsi Sumsel  menerima kunjungan Sekda Kabupaten Bengkulu Tengah Edy Hermansyah, M.Si, Ph.D bersama Tim DRD dan Bappeda  Kabupeten Bengkulu Tengah.  Kunjungan ini bertujuan untuk berkonsultasi dan berdiskusi tentang bagaimana pengembangan inovasi di Sumatera Selatan, membangun relasi Akademisi, Bisnis, Goverment, dan Communities (ABG+C),  serta bagaimana peran DRD Provinsi Sumsel dalam mendukung pemerintah daerah.  

Sekretaris DRD Sumsel Dr. Tarech Rasyid, M.Si menjelaskan bahwa tugas dan peran DRD Provinsi Sumsel, memberikan saran dan masukan kepada pemerintah daerah untuk menyusun arah, prioritas, serta kerangka kebijakan pemerintah daerah di bidang IPTEK.  Keberadaan DRD Sumsel berkolaborasi dengan Balitbangda dan perguruan tinggi/lembaga penelitian, diharapkan dapat menciptakan ekosistem inovasi yang maksimal sehingga semua unsur dapat menghasilkan inovasi untuk berperan nyata dalam pembangunan di Sumatera Selatan.

Plh. Sekretaris Balitbangda Sumsel Dr. Alamsyah, M.Pd memaparkan tentang bagaimana inovasi di terapkan dan dilakukan di Sumatera Selatan.  Ada 4 hal yang perlu dilakukan:

  1. Inovasi daerah mendorong percepatan pembangunan daerah
  2. Kolaborasi untuk peningkatan daya saing daerah
  3. Penerapan Inovasi daerah
  4. Apresiasi bagi inovator

Selain itu, sangat diperlukan kolaborasi antara pemerintah daerah (sebagai regulator dan fasilitator), pendidikan tinggi dan lembaga iptek sebagai penghasil inovasi, industri/dunia usaha sebagai pengguna atau pendorong.

Foto Berita

1927
1928
1929