Sosialisasi Kegiatan Innovative Government Award (IGA) Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021
19 April 2021 (15:04:42)

626

Rabu 14 April 2021, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Sosialisasi Kegiatan Innovative Government Award (IGA) Provinsi Sumatera Selatan tahun 2021, yang dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Dr. Ekowati Retnaningsih,  SKM, M.Kes, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan, dilanjutkan dengan paparan bapak Drs. Matheos Tan, MM, Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri dan dilanjutkan oleh bapak Adi Suhendra, M.Sosio, Peneliti Badan Litbang Inovasi Daerah Kemendagri.

Kepala Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan, dalam sambutan menyampaikan bahwa beberapa indikator tingkat keberhasilan suatu daerah juga diukur dari pencapaian inovasi daerah. Tahun 2020 Provinsi Sumatera Selatan mendapat penghargaan Innovative Government Award sebagai Provinsi terinovatif kedua. Tahun 2021 diharapkan terjadi peningkatan nilai Indeks  Inovasi Daerah, agar dapat menjadi Provinsi yang terinovatif  pertama. Penghargaan IGA ini diikuti dengan Dana Insentif Daerah dari Kementerian Keuangan atas usul Kementerian Dalam Negeri, yang digunakan dalam pengembangan Inovasi Daerah.

Dalam Paparannya  Drs. Matheos Tan, MM, Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri, menyatakan peringkat inovasi Indonesia secara global masih rendah. Menurut laporan GII, Indonesia berada pada Peringkat 85 dari 126 negara, yang masih berada dibawah Negara Asean lainnya. Peringkat Daya Saing Indonesia secara global pada peringkat 45 dimana indikator paling rendah adalah inovasi dan adopsi teknologi dengan nilai 37,7, masih dan dibawah rata-rata Asia Timur dan Pasifik. Bapak Matheos Tan menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjadi Provinsi terinovatif dari 34 provinsi.

Bapak Adi Suhendra, M.Sosio, Peneliti Badan Litbang Inovasi Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri dalam materi paparannya menjelaskan secara teknis bagaimana tahapan dan cara meng-entri data IGA kedalam aplikasi IGA tahun 2021. Entri data IGA ke dalam Aplikasi akan dikodinir oleh operator Balitbangda didampingi PIC masing-masing OPD sebagai narasumber penanggung jawab kebenaran dan keakuratan data.

Foto Berita

1813
1812
1811
1810
1814
1815