Benchmarking Tim UPTB STP ke Politeknik Pembangunan Pertanian (POLBANGTAN) Bogor
21 Desember 2023 (14:00:09)

1192

Bogor pada hari Senin, 4 Desember 2023 berdasarkan Surat Tugas Kepala Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan, telah dilakukan benchmarking oleh Team UPTB Science Techno Park Balitbangda Prov Sumatera Selatan ke Politeknik Pembangunan Pertanian (POLBANGTAN) Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk berkoordinasi dalam rangka pengembangan UPTB STP sebagai kawasan Agroeduwisata Pertanian, Perikanan dan Peternakan.

Peserta Benchmarking dari UPTB STP yaitu Kasubag TU UPTB STP  (Masayu Eka Septiana, SE, M.Si), Kasi Hilirisasi Hasil Riset UPTB STP ( Zainul Fuadi Almunandar, S.Pi, M.Si), Kasi Pengembangan Teknologi UPTB STP  (Niken Probowati. NR, SP, M.Si) , Peneliti UPTB STP (Sri Maryani, ST, M.Si) Staf Administrasi UPTB STP (Dinna Puspita) dan Staf Teknis UPTB STP (Sugeng). Benchmarking diterima langsung oleh plh Direktur Polbangtan sekaligus wakil direktur 1 Bapak Rudi Hartono, SST, MP (Plh Direktur Polbangtan Bogor/ Wadir 1) serja jajaran structural Polbangtan Bogor yaitu  DR. Tri Ratna Sari dewi, S.Pi, M.Si (Wadir 2), DR. Yoyon Haryanto (Wadir 3), Endang Krisnawati SP.,MP(Kajur Pertanian), DR. Arif Nindyo Kisworo, S.Pt, M.Si (Kajur Peternakan), Rita Setiawati, SP, MM (Kabag Umum), Dr. Ir. Dwi Wanti S, M.Si (Ka TEFA) dan Bayu Adirianto,M.Si (Kepala Unit TIK)

Dari hasil bencmarking dan diskusi dapat diketahui bahwa Polbangtan Bogor adalah lembaga pendidikan vokasi dibawah Kementerian Pertanian  yang memiliki dua Jurusan yaitu Jurusan Pertanian dan Jurusan Peternakan. Jurusan Pertanian berada di daerah Pasir Jaya Kecamatan Bogor Barat , Kota Bogor  (kampus cibalagung) sedangkan untuk jurusan peternakan berada di  daerah Cinagara Kabupaten Bogor (kampus Cinagara).

Jurusan Pertanian sudah mengembangkan pertanian dengan integrated smart farming  system dengan sistem tscreen house tertutup yang saat kunjungan sedang melakukan kegiatan Budidaya  Melon jenis Golden Yellow Hibrid yang memiliki kadar kemanisan/ Brix 15 , dengan berat per buah 3,5- 4 kg dan harga jual Rp 35.000/kg. Pemasaran melon ini sudah bekerjasama dalam pemasokan ke modern market (transmart, ranch mart dll)

Dalam pengembangan agroeduwisata, jurusan pertanian Polbangtan Bogor  menerima kunjungan dari sekolah (PAUD,TK,SD) dengan sistem pengelolaan disesuaikan keinginan/permintaan dari sekolah yang bersangkutan. Untuk biaya, Polbangtan Bogor tidak mematok tarif karena kegiatan eduwisata masuk dalam mata kuliah sehingga biaya dikenakan sesuai dengan bahan dan alat yang digunakan dalam kunjungan edukasi. Pengelolaan agroedukwisata melibatkan mahasiswa sebagai pendamping dan dipadukan dengan praktek mata kuliah . Hal ini dikarenakan belum adanya tarif  PNBP yang mengikat . Promosi  agroeduwisata baru  sebatas dari mulut ke mulut antar sekolah dan PAUD.

Jurusan Peternakan terletak di daerah Cinagara,Kabupaten Bandung terletak 40 km dari Kampus Utama. Pengembangan TEFA (teching Factory) yang dilakukan adalah : pembuatan  pakan ternak, pembuatan produk peternakan (yogurt,susu dll) dan klinik kesehatan hewan yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Kegiatan agroeduwisata terfokus pada pemberian pakan ternak, pembuatan produk peternakan dan pengenalan profesi (dokter hewan). Pengembangan dan pemanfaatan kotoran sapi digunakan untuk pemupukan lahan dan pembuatan biogas. Biogas dari Kohe sapi  dimanfaatkan untuk menghidupkan mesin diesel/listrik dan kompor. Sistem inlet biogas yang dipakai terdiri dari 2 jenis yaitu system inlet tanam/ bunker seperti di UPTB STP dan system drum diatas tanah. Saat kunjungan ke area Biogas sedang tidak dilaksanakan karena kondisi cuaca dingin/ hujan sehingga produksi biogas sedikit terganggu. Terkait diskusi instalasi  biogas di STP yang tidak berjalan, kemungkinan Instalasi biogas yang ada di STP ada kebocoran sehingga gas yang terbentuk tidak bisa terkumpul dan perlu dicoba dengan penambahan bakteri starter untuk percepatan proses pembusukan sehingga gas lebih cepat terbentuk.

Harapan kedepannya adalah UPTB STP dapat mengembangan agroeduwisata sebagai salah satu program pelayanan unggulan yang mengintegrasikan pertanian peternakan dan perikanan dalam satu kawasan serta sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).  

Foto Berita

3974
3975
3976
3977
3978
3979
3980