Pengalengan Pindang Serani Gabus Kabupaten Ogan Ilir
11 September 2023 (16:34:25)

1107

Palembang, Rabu 30 Agustus 2023 Bertempat di Inkubator Teknologi Pengalengan Produk Pangan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan telah dilakukan kegiatan produksi pengalengan Pindang Serani Gabus hasil kerjasama Pemerintah Provinsi  Sumatera Selatan melalui Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan dengan Balitbangda Kabupaten Ogan Ilir.

Kegiatan pengalengan ini dihadiri Kabid Inovasi dan Teknologi (Nuryanto, DCN, M.Kes) mewakili Kepala Balitbangda Sumsel, Kepala Balitbangda Kabupaten Ogan Ilir (Astuti, Spd, M.Si, Kabid Inovasi dan Teknologi Balitbangda Kabupaten Ogan Ilir (Andi Agusman, ST, M.Si) Kasubid Pengembangan Teknologi dan Inovasi (Azizah, SE), Kasubid Difusi Inovasi dan Penerapan Teknologi (Nursanty, S.Si, M.Si) , Peneliti (Yenny Sugiarti, S.T, M.Si) dan (Desri Yesi, ST, M.Si) beserta Tim Pengalengan Inkubator Balitbangda Prov Sumsel.

Bahan baku yang digunakan terdiri dari Ikan Gabus sebanyak 11 kg, bumbu pindang dan kelengkapan lainnya. Tahap awal pengalengan pindang serani gabus ini menentukan formula terlebih dahulu, supaya mendapatkan produk yang terbaik. Dilakukan perlakuan terlebih dahulu didalam proses pengalengannya yang terdiri dari ;

  1. Ikan gabus digoreng + kuah pindang tidak disaring
  2. Ikan gabus digoreng + kuah pindang disaring
  3. Ikan gabus digoreng dimasak bersamaan dengan kuah pindang tidak disaring
  4. Ikan gabus digoreng dimasak bersamaan dengan kuah pindang disaring

Diperoleh pindang serani gabus dalam kaleng. Tahap selanjutnya kaleng disimpan selama 14 hari untuk di karantiana di Inkubator Balitbangda Prov Sumsel.  Diharapkan produk akan berhasil melewati masa karantina, agar dilakukan tahapan selanjutnya untuk memproduksi pindang serani gabus yang bisa diedarkan di pasaran.

Foto Berita

3688
3689
3690