DIFUSI INOVASI TEKNOLOGI MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN EKONOMI, KETAHANAN PANGAN DAN STATUS KESEHATAN

 

Balitbangnovda Provinsi Sumatera Selatan telah mengembangkan Model Intervensi Penanggulangan Masalah Gizi melalui pemberdayaan masyarakat. Model yang dikembangkan tersebut dalam implementasinya terbukti efektif sehingga menjadi pemenang pertama Lomba Hasil Penelitian Tingkat Nasional Tahun 2008 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri. Model tersebut merupakan salah satu bentuk strategi pemberdayaan masyarakat dalam menanggulangi permasalahan yang berkembang di tengah masyarakat dengan mengupayakan pemecahannya melalui pemanfaatan sumber daya yang dimiliki masyarakat itu sendiri.

Upaya difusi inovasi teknologi dengan mengadopsi model pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan membentuk Kelurahan Model Binaan Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan yang dilaksanakan pada tahun 2011. Kelurahan Model yang dibentuk berada di Kelurahan Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin dan kegiatan utama difokuskan di RT 19 dan RT 22. Implementasi model digunakan guna meningkatkan ekonomi dan ketahanan pangan berbasis kearifan lokal dalam upaya meningkatkan status kesehatan masyarakat yang pada akhirnya diharapkan dapat memacu peningkatan IPM masyarakat di Kelurahan Model. 

Strategi yang digunakan dalam pengembangan Kelurahan Model adalah kerja sama lintas sektoral dengan melibatkan SKPD terkait baik SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan maupun Kabupaten Banyuasin. Akselerasi pengembangan Kelurahan Model dilakukan dengan memberikan intervensi pembangunan di bidang infrastruktur dan lingkungan, pertanian, kesehatan, usaha ekonomi, dan pendidikan.

 

File download di sini