Rakorda Kelitbangan Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021
26 April 2021 (10:20:44)

628

Kamis 22 April 2021, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan mengadakan RAKORDA KELITBANGAN Se-PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2021, dengan Tema “INOVASI DAERAH UNTUK  KESEJAHTERAAN MASYARAKAT”, yang dihadiri oleh Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Prov. Sumsel, Rektor dan Pimpinan Perguruan Tinggi di Sumatera Selatan,  Kepala Lembaga Penelitian Perguruan Tinggi maupun Lembaga Penelitian Kementerian yang ada di Sumatera Selatan, Ketua dan Anggota Dewan Riset Daerah Kabupaten/Kota,  Kepala Balitbangda, Bappeda, dan Bappedalitbang Kabupaten/Kota  se-Provinsi Sumatera Selatan, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan,  Ketua dan Anggota Dewan Riset Daerah Provinsi  Sumatera Selatan, Para Pejabat Eselon III, Eselon IV, dan Peneliti Balitbangda Provinsi Sumatera Selata.

Rakorda Kelitbangan Se-Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021 diawali dengan Laporan yang disampaikan oleh Ibu Dr. Ekowati Retnaningsih,  SKM, M.Kes, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan sekaligus sebagai Plt. Asisten Bidang Ekonomi, Keuangan dan Infrastruktur Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Selatan, dilanjutkan dengan Sambutan Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Prof. Dr. Edward Juliartha, M.M.

Kepala Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan, dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan Rakorda ini dilakukan secara rutin setiap tahunnya dengan tujuan mensinkronkan dan mensinergikan kegiatan Kelitbangan dan Inovasi yang ada di Sumatera Selatan bersama Stakeholder atau aktor inovasi yang ada di daerah, baik yang berasal dari pemerintah, akademisi maupun dari lembaga yang bergerak  dalam kegiatan inovasi di lapangan. Semua anggaran kegiatan yang ada di Balitbangda dilakukan selaras dan bersinergi antara Balitbang di  daerah dan pusat, sebagai contoh dalam hal penelitian dilakukan berdasarkan azaz kebutuhan dan berkolaborasi antara peneliti di Balitbangda juga dengan peneliti di Lembaga penelitian kementerian dan peneliti di daerah.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili Bapak Asisten Bidang Administrasi dan Umum Prof. Edwar Juliarta, MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Lembaga Litbang merupakan lembaga  strategis yang diharapkan mampu untuk mengatasi setiap permasalahan yang ada di semua sektor pembangunan di Sumatera Selatan. Balitbangda sebagai lembaga Litbang di daerah menjadi motor penggerak Inovasi di Sumatera Selatan untuk memastikan setiap aktor Riset dan Inovasi memahami apa yang harus menjadi fokus dan apa yang harus dikerjakan. Dengan hal ini, kita ingin memastikan bahwa Riset dan Inovasi akan memberikan kontribusi nyata dalam agenda percepatan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan. Melalui Rakorda Kelitbangan ini diharapkan mampu menghasilkan perencanaan program kegiatan yang dapat memacu tumbuhnya inovasi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Sumatera Selatan.

Kegiatan Rakorda dilanjutkan dengan paparan mengenai Arah Kebijakan Pembangunan Tahun 2022 yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan diwakili oleh Kepala Bidang Perekonomian dan Pendanaan Pembangunan H. Dwiva Putra, SP., M.S.E., dilanjutkan dengan paparan Ketua Dewan Riset Daerah Sumatera Selatan Prof. Dr. Benyamin Lakitan, M.Si yang memaparkan mengenai Inovasi untuk kesejahteraan masyarakat, sedangkan Dr. Drs. Alamsyah, M.Pd selaku Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbangda Sumatera Selatan mewakili Kepala Balitbangda Sumatera Selatan menyampaikan mengenai Sinergi Kegiatan dan Program Balitbangda Sumsel dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dan Stakeholder terkait.

Foto Berita

1816
1817
1818
1819