Kunjungan Kerja Tim Balitbangda Kabupaten OKI Dalam Rangka Study Banding Pemanfaatan Pupuk Organik Untuk Tanaman Sayuran
21 Februari 2021 (13:38:53)

595

Kunjungan Kerja Tim Balitbang Kab OKI ke Kebun Raya Sriwijaya dalam Rangka Studi Banding Pemanfaatan Inovasi Pupuk Organik untuk Tanaman Sayuran pada Lahan Gambut, dilaksanakan pada hari Kamis Tanggal 18 Februari 2021 bertempat di ruang rapat UPTB Kebun Raya Sriwijaya Sumsel Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. 

Kegiatan dimulai pada pukul 09.30 WIB s.d 14.30 WIB dihadiri oleh Tim Kebun Raya Sriwijaya Balitbangda Prov Sumsel H. Zulkarnaen, SP., MM selaku Kepala UPTB Kebun Raya Sriwijaya Sumsel mewakili Kepala Balitbangda Prov Sumsel, Hermansyah, S.IP., M.Si (Kasi Jasa dan Informasi), Nopriadi, S.Hut (Kasi Konservasi Ex-Situ), peneliti beserta staf, sedangkan tim dari Balitbangda Kab OKI dipimpin Dwi M Zulkarnain, SH., M.Si (Kepala Balitbangda Kab OKI, Jumadi (Kepala Bidang Inovasi Balitbangda OKI), Dewi Arwati (Kasubbid Teknologi Terapan), Yuspa Dewi (Kasubbid Pendayagunaan Iptek), dan staf, serta Haryoto (Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMK Lempuing Kab OKI).

Dalam paparan H. Zulkarnaen, SP., MM menjelaskan tentang pengalaman budidaya sayuran dalam bentuk demplot di Kebun Raya Sriwijaya, seperti tanaman timun, terong, pare, dan cabe pada kedalaman gambut ± 2 Meter. Serta menginformasikan beberapa yang harus mendapat perhatian dalam pelaksanaan budidaya sayuran dilahan gambut, yaitu : kedalaman gambut, drainase, pengelolaan air, muka air tanah, pH gambut pemupukan, dan Kriteria Pemanfaatan Gambut Berdasarkan Ketebalan Lapisan :

  • Ketebalan ≤ 0,5 Meter bahan dibawah lapisan gambut Mineral adalah tanah liat itu, tidak bermasalah dan diperuntukkan Padi/palawija/usaha tambak, tetapi jika granit akan Bemasalah/tidak bermasalah untuk Konservasi.
  • Ketebalan (0,5 - 1 Meter) bahan dibawah lapisan gambut Mineral adalah tanah liat, tidak bermasalah untuk Padi/palawija, komoditi perkebunan, tetapi jika Pasir/granit Bemasalah/tidak bermasalah untuk Konservasi.
  • Ketebalan (1 - 2 Meter) bahan dibawah lapisan gambut Mineral adalah tanah liat, tidak bermasalah komoditi perkebunan tetapi jika Pasir/granit Bermasalah/tidak bermasalah untuk Konservasi.
  • Ketebalan >2 Meter bahan dibawah lapisan gambut mineral adalah tanah liat/pasir/granit Bermasalah/tidak bermasalah untuk Konservasi.

Kepala Balitbangda Kab OKI menginformasikan mengenai program/kegiatan Kabupaten OKI melalui Balitbangda pada tahun 2021 terdapat program pemanfaatan inovasi pupuk organik untuk budidaya sayuran pada lahan gambut, dan kunjungan kerja Balitbangda Kab OKI dalam rangka sharing dan studi banding tentang budidaya pemanfaatan lahan gambut untuk kegiatan budidaya sayuran, yang akan dilaksanakan pada lahan gambut OKI. 

Perwakilan dari guru SMK Lempuing OKI menginformasikan bahwa SMK Lempuing Kab OKI diikutsertakan dalam pelaksanaan budidaya tanaman sayuran pada lahan gambut yang melibatkan anak didik SMK yang telah mendapatkan pengetahuan dan pengalaman budidaya sayuran di Kalimantan Tengah, dan rencana pengembangan tanaman sayuran di Kabupaten OKI akan dilaksanakan pada areal gambut dengan kedalaman yang cukup dalam.

Foto Berita

1649
1650
1651