Bimbingan Teknis Pengelolaan Jurnal Via Zoom Cloud Meeting
21 Februari 2021 (13:32:07)

594

Pada hari Rabu, Tanggal 18 Februari 2021, Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan telah melakukan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Jurnal dengan narasumber Prof. Dr. Rajab Ritonga, M.Si Guru Besar di Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta. Acara kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Jurnal dibuka oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan Ibu Dr. Hj. Ekowati Retnaningsih, SKM, M.Kes sekaligus sebagai moderator acara, dengan peserta Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi serta seluruh pengurus Pengelola Jurnal Elektronik PPTK dan Peneliti Balitbangda.

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan telah memiliki Jurnal Elektronik bernama “Publikasi Penelitian Terapan dan Kebijakan” (PPTK). Jurnal PPTK merupakan fasilitas yang akan mewadahi artikel ilmiah yang dihasilkan para peneliti seluruh Indonesia pada umumnya, khususnya peneliti di Balitbangda. Jurnal PPTK Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan telah diverifikasi Kemenristek BRIN dengan Akreditasi Sinta 4. Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Jurnal ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana mengelola sebuah Jurnal dengan baik, serta upaya apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan Akreditasi Jurnal PPTK Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan yang semula berakreditasi Sinta 4 ditingkatkan menjadi  Sinta 3 atau Sinta 2.

Prof. Dr. Rajab Ritonga menjelaskan dalam paparannya bahwa, pengajuan reakreditasi jurnal tidak perlu harus menunggu satu tahun, reakreditasi jurnal dapat dilakukan per kali terbit  misalnya untuk Jurnal PPTK yang terbit 6 bulan sekali  maka pengajuan reakreditasi dapat dilakukan 6 bulan sekali tergantung kesiapan. Untuk meningkatkan akreditasi Jurnal PPTK ini sebenarnya masih banyak yang harus dilakukan.

Jurnal yang bagus itu sebaiknya berisikan artikel ilmiah hasil penelitian, diedit dan direview dengan baik, menggunakan bahasa yang baik. Adapun Penilaian sebuah Jurnal mengandung unsur Penamaan Jurnal Ilmiah, Kelembagaan Penerbit, Penyunting dan Manajemen, Substansi Artikel, Gaya Penulisan, Penampilan, Keberkalaan dan Penyebarluasan. Semakin spesifik sebuah jurnal dalam penamaan maka akan mempunyai penilaian yang semakin tinggi, jika jurnal dikelola oleh organisasi profesi atau bekerjasama dengan organisasi profesi maka penilaiannya juga akan semakin baik. Kepakaran dan profesionalisme Tim Penyunting sangat menentukan penilaian kualitas Jurnalnya, begitu juga dalam hal penampilan, keberkalaan dan penyebarluasan.

Foto Berita

1647
1648