Peremajaan Kebun Anggrek dan Pelatihan Lapangan Tanaman Anggrek di Desa Binaan Talang Kepuh.
15 Februari 2021 (11:01:07)

591

Dalam rangka pengembangan Kampung Anggrek Kepuh di Desa Binaan Talang Kepuh di Tahun 2021, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan bekerjasama dengan UPTD Balai Perbanyakan Benih, Tanaman Pangan, dan Hortikultura, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan mengadakan kegiatan Peremajaan Kebun Anggrek Vanda dan Pelatihan Lapangan Tanaman Anggrek pada Tanggal 09 Februari 2021 bertempat di Kebun Anggrek Vanda Desa Talang Kepuh Palembang.

Peserta kegiatan terdiri dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan beserta Tim, Tenaga Teknis dari UPTD Balai Perbanyakan Benih, Tanaman Pangan, dan Hortikultura, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan, Penyuluh Pertanian Lapangan Provinsi Sumatera Selatan, Penyuluh Pertanian Lapangan Kota Palembang, Kecamatan dan Kelurahan Gandus, serta Anggota Poktan Vanda.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ibu Ika Oktavianti, S.E., M.Kom, mewakili Kepala Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan. Dalam sambutan singkatnya, disebutkan tujuan peremajaan kebun anggrek vanda dilakukan agar tumbuh kembang anggrek vanda menjadi lebih baik dan selanjutnya anggota poktan vanda dapat memperoleh ilmu tentang bagaimana merawat anggrek vanda agar tumbuh secara maksimal. Peremajaan yg dilakukan berupa penggantian media tanam yang terdiri dari pupuk kandang (kotoran ayam), tanah, merang padi, dan serabut kelapa cacah.

Evaluasi akan dilakukan 1 (satu) bulan sejak dilakukan peremajaan kebun dan hasilnya akan dijadikan dasar perawatan kebun anggrek seterusnya. Diharapkan setelah dilakukan penggantian media tanam dan anggota poktan mendapatkan pelatihan, kebun anggrek vanda menjadi lebih subur dan tumbuh secara merata

Foto Berita

1635
1636
1637
1638