Balitbangda Provinsi Sumsel Gelar Uji Publik Dokumen Rencana Pengembangan Sumatera Selatan Science Techno Park (SSSTP)
18 November 2019 (10:52:01)

507

Palembang, Pada tanggal 14 November 2019, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan, menyelenggarakan Uji Publik Dokumen Rencana Pengembangan STP Sumsel di Aula Balitbangda Prov. Sumsel, kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari stakeholder terkait demi kesempurnaan dokumen tersebut.
Peserta dihadiri oleh Perguruan Tinggi, Lembaga Litbang Kementerian yang ada di Sumsel, OPD Provinsi, Balitbangda, Bappeda Kabupaten/Kota dan Peneliti. Acara dibuka oleh Kepala Balitbangda Provinsi Sumsel Ibu Dr. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes. Narasumber dalam Uji Publik ini adalah Ketua Dewan Riset Daerah Sumatera Selatan, Kepala Balitbangda Provinsi Sumsel dan Direktur STP dan Lembaga Lainnya Kementerian Ristek BRIN RI.
Kepala Balitbangda Provinsi Sumsel Dr. Ekowati Retnaningsih, SKM, M.Kes, menyampaikan, dengan dikeluarkannya Perpres Nomor 106 Tahun 2017 tentang Kawasan Sains dan Teknologi, dalam rangka memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya industri, khususnya industri kecil menengah berbasis inovasi, perlu menyediakan layanan bagi industri dalam suatu kawasan yang disiapkan secara khusus dan wahana yang akan memfasilitasi aliran invensi menjadi inovasi untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing. Kawasan Sains dan Teknologi mempermudah terjadinya interaksi dan komunikasi antar pelaku utama yang terlibat dalam penciptaan inovasi, baik pengembang teknologi, pengguna teknologi, maupun fasilitator atau intermediator dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan peningkatan daya saing daerah yang dihadapi, ada tiga fungsi STP Sumsel, yaitu sebagai wahana kerjasama riset, sebagai fasilitator menumbuhkembangkan wirausaha dan penyedia layanan bernilai tambah.
Ketua Dewan Riset Daerah Sumatera Selatan Prof. H. Ir. Fachrurrozie Sjarkowi, M.Sc, Ph.D. Untuk mendukung perumusan prioritas dan berbagai aspek kegiatan penelitian, pengembangan, dan penerapan Iptekin di Kawasan Sains dan Teknologi Sumatera Selatan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama Dewan Riset Daerah (DRD) yang mendapat fasilitasi pendanaan dari Kementerian Ristekdikti telah menyusun Dokumen Perencanaan Pengembangan KST Sumatera Selatan, pada hari ini dilaksanakan uji publik untuk mendapatkan masukan dari stakeholder terkait, dalam paparannya menekankan pentingnya Sistem Inovasi Daerah (SIDa) sebagai ekosistem makro kebijakan dan penguatan SDM pengelola STP untuk mempercepat akselerasi fungsi-fungsi STP sumsel, dengan mengkolaborasi dengan Lembaga Litbang dan Perguran Tinggi serta OPD teknis.
Direktur STP dan Lembaga Lainnya Kementerian Ristek BRIN RI diwakili oleh Dr. Dwi Nowo Martono, M.Si, bahwa STP Sumsel adalah salah satu STP yang didukung penuh oleh Kementerian Ristek BRIN RI, baik dari segi program maupun pendanaan, oleh sebab itu beliau sangat mengapresiasi bahwa STP Sumsel telah mempunyai dokumen rencana aksi untuk 5 (lima) tahun ke depan yang pada hari ini dilakukan acara uji publik, hal ini perlu dijadikan contoh nasional bagaimana suatu dokumen disusun dan diuji ke publik sehingga hasilnya memang benar-benar bisa diterapkan dan semua stakeholder terkait terlibat dalam pengembangan STP ke depan.

Foto Berita

1364
1365
1366