Dialog Nasional Youth Entrepreneurship 2019
6 November 2019 (09:18:12)

504

Jakarta, Pada tanggal 31 Oktober 2019 s.d 01 November 2019, bertempat di Jakarta berlangsung acara Dialog Nasional Youth Entrepreneurship 2019 dilaksanakan di Wisma Kementerian Olahraga RI.
Peserta dialog tersebut dari unsur Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi dan Inkubator, Penyelengara Kementerian Olahraga RI bekerjasama dengan UNDP.
Acara dibuka oleh Drs. Imam Gunawan, MAP selaku Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kementerian Olahraga RI, dalam sambutannya acara ini diselenggarakan setiap tahun dengan tujuan : 1. Untuk mengumpulkan pembuat kebijakan dan praktisi pemula bersama-sama untuk menyusun rekomendasi kebijakan dan komitmen pada program kewirausahaan kaum muda, 2. Untuk berbagi pengetahuan terkait dalam membangun start up yang berkelanjutan atau perusahaan sosial yang didasarkan pada Inovasi, 3. Untuk mengurangi tingkat pengangguran kaum muda di Indonesia dengan menumbuhkan budaya kewirausahaan dan meningkatkan keterampilan mereka melalui alat dan sumber daya yang mungkin ada.
Seperti yang ditunjukkan dalam Indeks Pembangunan Pemuda Indonesia 2017, sebagian besar Provinsi di Jawa hanya memiliki pengusaha muda kurang dari 1% di luar Jawa hanya memiliki 0,2% wirausaha muda. Jika kondisi ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin akan memperlambat perkembangan bagi Provinsi, baik secara ekonomi maupun sosial.
Kurangnya pendidikan kewirausahaan sosial dan berkelanjutan, kurangnya Inkubator dan ruang untuk pemuda untuk menumbuhkan usaha mereka, kurangnya koordinasi antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah untuk gerakan kewirausahaan kaum muda, serta biaya bisnis yang tinggi dan akses yang sulit ke permodalan dan Infrastruktur, sebagai bagian dari alasan utama mengapa pertumbuhan wirausaha muda melambat di Indonesia.
Sebagai bagian dari komitmen PBB dalam membawa pemberdayaan ekonomi kaum muda melalui pekerjaan dan pekerjaan yang layak dan seperti yang ditunjukkan oleh Rencana Pembangunan Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Pemerintah lndonesia, menetapkan pemberdayaan ekonomi kaum muda sebagai prioritas ke-4. Dalam menumbuhkan wirausaha muda, Youth Co. Lab. adalah Inisiatif Kewirausahaan Pemuda Asia-Pasifik UNDP untuk memposisikan pemuda sebagai pemimpin untuk menyelesaikan permasalahan wirausaha. Bertujuan untuk menetapkan agenda bersama bagi negara-negara dalam Asia-Pasifik untuk memberdayakan dan Investasikan pada kaum muda untuk mempercepat implementasi tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Inovasi sosial dan kewirausahaan dengan mengembangkan keterampilan modern kaum muda dan dengan mengkatalisasi dan mempertahankan start up-start up muda dan perusahaan sosial di seluruh wilayah. Youth Co. Lab. bekerja erat dengan para pemangku kepentingan multipIe, termasuk pemerintah, masyarakat sipil dan sektor swasta. Untuk memperkuat ekosistem kewirausahaan dan untuk mempromosikan kebijakan yang akan mendukung dan memungkinkan kaum muda untuk memimpin dalam menemukan dan mengembangkan solusi baru untuk masalah sosial dan lingkungan di komunitas mereka. Memperhitungkan tujuan utama Youth Co. Lab. UNDP lndonesia melalui Lab. Pembiayaan Inovatif Mengadakan “Youth Co. Lab. : Dialog Nasional tentang Kewirausahaan Pemuda". Peserta fokus pada pengembangan pernyataan masalah, tujuan kebijakan, dan rekomendasi untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam pembuatan kebijakan pemuda dan kewirausahaan.
Penyampaian materi oleh nara sumber dari UNDP, dengan menekankan bagaimana Penguatan Sistem Inovasi : “membenahi” sistem (holistik, serentak, isu-isu sistemik) secara bersistem dilihat dari perspektif kebijakan, langkah perbaikan perlu diarahkan untuk membenahi isu-isu kegagalan sistemik dan strategi kebijakan perlu dikembangkan sebagai satu kesatuan kerangka kebijakan inovasi.

Foto Berita

1353
1354
1355
1356