Undangan dari Kemenristekdikti untuk Paparan Seleksi Penerima Anugerah Iptek dan Inovasi 2019 Kategori Budhipura dan Budhipraja
6 Agustus 2019 (08:20:00)

496

Jakarta, Pada tanggal 29 Juli 2019, bertempat di Gedung II BPPT lantai 24 pukul 10.30 s/d 11.30 WIB berlangsung Paparan oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan dalam rangka seleksi Nominator Calon Penerima Anugerah Iptek dan Inovasi Tahun 2019 kategori Pemerintah Provinsi (Budhipura). 

Anugerah ini diberikan sebagai apresiasi atas prestasi Pemerintah Daerah terkait kinerja untuk memperkuat ekosistem inovasi di wilayahnya. Apresiasi Anugerah Iptek dan Inovasi Nasional diberikan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 yang akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 28 Agustus 2019. Hakteknas tahun ini mengangkat tema : “Iptek dan Inovasi Dalam Industri Kreatif 4.0” dan sub tema : “Industri Kreatif 4.0 untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa”. Provinsi Sumatera Selatan bersama 7 (tujuh) Nominator Provinsi terpilih (Sumatera Selatan, Bali, DI Yogykarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau dan Sulawesi Selatan dari 20 Provinsi di Indonesia yang mengikuti seleksi) sebagai Nominator melalui tahap penjaringan yang menggunakan instrumen atau alat ukur Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) yang terdiri dari empat aspek yaitu Penguat, Ekosistem Inovasi, Sumber Daya Manusia, dan Aspek Pasar. Semua instrumen itu akan dielaborasi untuk penilaian penerima anugerah. Aspek tersebut diambil untuk memberikan elaborasi yang lebih dalam untuk nanti masuk dalam nominator kandidat penerima Budhipura.

Anugerah Iptek dan Inovasi kategori Budhipura diharapkan berdampak kepada peningkatan daya saing daerah dan kesejahteraan masyarakat yang tinggi dan berkelanjutan. Anugerah Iptek dan Inovasi itu terbagi 2 (dua) kategori yaitu Budhipura dan Budhipraja yang diberikan terpisah untuk Kabupaten dan Pemerintah Kota.

Para kandidat penerima Anugerah Iptek dan Inovasi Nasional yang dihadiri langsung oleh para Gubernur, Bupati dan Walikota akan memaparkan strategi, program, dan hasil-hasil yang telah dicapai dihadapan Tim Juri sebagai bagian dari pendalaman/klarifikasi dan akuntabilitas kinerja penguatan ekosistem inovasinya untuk menghasilkan 3 (tiga) pemenang yang selanjutnya disampaikan dalam sidang pleno di tingkat eselon I Kemenristekdikti untuk menetapkan penerima anugerah.

Penyerahan Anugerah Iptek dan Inovasi Nasional kategori Budhipura dan Budhipraja kepada para pemenang, nantinya akan diserahkan pada Malam Apresiasi Anugerah Iptek dan Inovasi bersama dengan para pemenang anugerah lainnya yakni : Prayoga Sala, Abyudaya, Adibrata, Labdha Kretya dan Widya Kridha.

Provinsi Sumatera Selatan dalam paparan didepan tim juri disampaikan oleh Wakil gubernur Sematera Selatan Bapak Mawardi Yahya didampingi oleh OPD terkait : Kepala Bappeda (DR. Ekowati Retnaningsih, SKM. M.Kes) Kepala Dinas Perindustrian  (Ir. Hj. Ernila Rizar, MM), Kepala Dinas Perkebunan (H. Fakhrurrozi Rais), Plt. Kepala Dinas Kominfo (Ahmad Rizwan, S.STP. MM), Dinas pertanian (Tuti Murti), Sekretaris BPSMD  (Aminudin)  dan  para  Inventor inovasi yang di tampilkan. Outline Paparan :

  1. Inovasi Pemerintah Daerah dalam mendorong tumbuh kembangnya inovasi daerah.
  2. Kolaborasi antara Akademisi, Bisnis, Government, Communities (ABG+C).
  3. Produk Unggulan Daerah (PUD) yang dihasilkan memberikan nilai tambah, produktivitas, dan meningkatkan daya saing daerah.
  4. Ketersediaan Infrastruktur Digital untuk pengembangan inovasi daerah.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan dihadapan tim juri menyampaikan bahwa Lembaga Litbang di Provinsi Sumatera Selatan masih sangat diperlukan, untuk mencarikan solusi dari permasalahan yang berkaitan dengan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi.

Foto Berita

1307
1308
1309