Pengukuhan Pengurus HIMPENINDO Provinsi Sumatera Selatan dan Penandatanganan MoU Antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dengan Perguruan Tinggi, Lembaga Litbang, dan Dunia Usaha tentang “Inovasi Teknologi Produk Unggulan Daerah Untuk Mendukung Visi Sumsel Maju Untuk Semua”
20 Juni 2019 (08:31:49)

492

Palembang, 18 Juni 2019 bertempat di Griya Agung Palembang, berlangsung Acara Pengukuhan Pengurus Himpunan Peneliti Indonesia (HIMPENINDO) Cabang Sumatera Selatan dan Penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dengan Perguruan Tinggi, Badan Litbang Kementerian/Lembaga yang ada di Sumsel., serta Dunia Usaha tentang “Inovasi Teknologi Produk Unggulan Daerah Untuk Mendukung Visi Sumsel Maju Untuk Semua”. Di awali oleh Laporan Pelaksana Tugas Kepala Balitbangda Prov. Sumsel (DR. Ekowati Retnaningsih, SKM, M.Kes), dalam laporannya bahwa HIMPENINDO Sumsel terbentuk pada Musyawarah Provinsi tanggal 13 Juni 2019.

HIMPENINDO merupakan Himpunan Peneliti Indonesia yang mempunyai misi 1). Meningkatkan profesionalisme peneliti yang beretika; 2). Menegakkan kode etik dan perilaku peneliti terkait dengan tugas-tugas penelitian, pengembangan dan pengkajian; 3). Memberikan perlindungan hukum dan Hak Asasi Manusia bagi peneliti terkait dengan tugas-tugas penelitian, pengembangan dan pengkajian; 4) Memperjuangkan Hak Intelektual peneliti dan kesejahteraan peneliti; 5). Memberikan akses suprastruktur dan  infrastruktur kepenilitian kepada peneliti; dan 6). Membangun sinergi antara peneliti Lembaga Penelitian Kementerian, Lembaga Non Kementerian, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi, Pihak Swasta dan Lembaga Internasional untuk menghasilkan Iptek sebagai landasan kebijakan Pembangunan Nasional, dan pembangunan di daerah.  

Sedangkan MoU ditujukan untuk mendukung Percepatan Visi Sumsel Maju Untuk Semua melalui Inovasi Teknologi Produk Unggulan Daerah melibatkan seluruh Kabupaten/Kota, Sumatera Selatan, Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian dan Dunia Usaha serta Stake holder terkait.

Pengurus HIMPENINDO Cabang Sumatera Selatan dikukuhkan oleh Wakil Ketua Pengurus Pusat Bapak. Prof. Dr. Husein Avicenna Akil dan Penandatanganan MoU dihadiri oleh 20 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, 7 Badan Litbang Kementerian/Lembaga yang ada di Sumsel serta 1 Dunia Usaha PT. MOHI.

Gubernur Sumatera Selatan Bapak H. Herman Deru dalam arahannya:

1).  Sistem Inovasi Daerah (SIDa) harus mampu berkontribusi nyata dan konkrit dalam solusi permasalahan daerah. IPTEK dan Inovasi harus juga dapat membumi sehingga dapat dirasakan nyata manfaatnya untuk masyarakat. Provinsi Sumatera Selatan mempunyai permasalahan dalam penurunan angka kemiskinan. Tahun 2018, angka kemiskinan Sumsel diatas nasional yaitu 12,8% sedangkan angka kemiskinan nasional sudah turun menjadi 9,8%. Kita bertekad untuk menurunkan angka kemiskinan Sumsel menjadi 1 (satu) digit. Untuk menuju 1 (satu) digit tersebut tentunya memerlukan kolaborasi dan sinergi dengan seluruh komponen termasuk Para Peneliti, Akademisi, Dunia Usaha, Media, dan Masyarakat.

2). Pemerintah memiliki tiga tugas pokok utama, yaitu: 1).memberikan pelayanan kepada masyarakat, 2).memberdayakan masyarakat agar bisa mandiri, serta 3).melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk melaksanakan tugas tersebut, tentu saja Pemerintah harus ditopang oleh seluruh stakeholder pembangunan termasuk Akademisi, Peneliti, Dunia Usaha, Media dan masyarakat;

3). Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dengan Perguruan Tinggi, Lembaga Litbang dan Dunia usaha, dalam rangka memaksimalkan Inovasi Daerah Terhadap Produk Unggulan Daerah, tentunya untuk mencapai Visi Sumsel Maju Untuk Semua.

Hal tersebut sangat penting dan strategis untuk percepatan peningkatan daya saing produk unggulan daerah Sumatera Selatan, yang terdiri dari bidang : Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan, Perikanan, Energi, dan Ekonomi Kreatif. Dengan adanya MoU tersebut maka hasil - hasil penelitian, kajian dan pemikiran para akademisi dan peneliti yang telah kita sepakati, dapat langsung diterapkan untuk menghasilkan produk yang konkrit dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Foto Berita

1293
1294
1295
1296
1297