Kunjungan Pembelajaran Lansung (Field Trip) Siswa/Siswi SMA Methodist 2 Palembang Dalam Rangka Pembelajaran Tentang Bercocok Tanam dengan Sistem Hidroponik
26 Februari 2019 (09:47:17)

488

Pada tanggal 25 Februari 2019 bertempat di Aula Besar Balitbangda Prov. Sumatera Selatan, Siswa-siswi SMA Methodist 2 Palembang melakukan kunjungan ke Balitbangda Prov. Sumatera Selatan dalam rangka untuk melakukan Program Praktek Pembelajaran Langsung (Field Trip) mengenai cara bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik. Kunjungan tersebut dipimpin oleh para Guru dari SMA Methodist 2 Palembang. Acara dibuka dan dipimpin lansung oleh Bapak Dr. Imam Suwono mewakili Kepala Balitbangda Prov. Sumatera Selatan.

Pada kesempatan tersebut, siswa-siswi yang berjumlah sekitar 102 orang mendapatkan pengetahuan dasar tentang cara budidaya tanaman dengan menggunakan sistem hidroponik dari Bpk. M. Agust Nurwahyudi selaku narasumber dari Balitbangda Prov. Sumatera Selatan.

Hidroponik merupakan cara budidaya tanaman menggunakan air yang dicampur dengan nutrisi sebagai sumber makanan bagi tanaman. Umumnya hidroponik  digunakan pada lahan-lahan sempit dan seringkali digunakan pada lahan pekarangan. Sistem ini cukup mudah untuk dilakukan dan menguntungkan baik dari segi ekonomi maupun lingkungan. Balitbangda Prov. Sumatera Selatan memiliki rumah kaca yang didalamnya dilakukan budidaya tanaman sayuran (pakcoy, kailan, sawi merah, kangkung, dan tomat) menggunakan beberapa sistem hidroponik diantaranya sistem NFT (Nutrient Film Technique) DFT (Deep Flow Technique), rakit apung, dan Dutch Buckett.

Siswa-siswi turut mengikuti penjelasan yang diberikan narasumber dengan antusias dan turut berpartisipasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang terkait dengan materi yang diberikan.

Pada kesempatan tersebut, Siswa-siswi Methodist 2 Palembang juga belajar mengenal sistem hidroponik yang terdapat di Balitbangda Prov. Sumsel secara langsung. Dengan cara tersebut diharapkan para siswa tersebut dapat belajar dan menggunakan sistem hidroponik di sekolah atau dirumah dan dapat menambah pengetahuan siswa tentang budidaya tanaman.

Foto Berita

1273
1274
1275
1276
1277
1278
1279
1280