Focus Group Discussion (FGD) tentang ‘Dampak Insentif pada Industri Biodiesel melalui Dana Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia terhadap Harga Pembelian Tandan Buah Segar (TBS) dari Petani Kecil’
28 Januari 2019 (21:55:08)

487

Sumatera Selatan memiliki potensi sawit yang besar sebagai bahan baku biodiesel sehingga dapat mengurangi Impor bahan bakar fosil. Pada kesempatan ini juga dikemukakan bahwa pada bulan juni tahun 2007 di Sumatera Selatan tepatnya di Kabupaten OKU Timur diresmikan  pabrik biodiesel  berbahan baku biji jarak oleh Bupati OKUT Bapak H. Herman Deru,  yang merupakan kerjasama dengan Kemenristekdikti dan dibangun oleh BPPT. Saat ini pabrik tidak beroperasi lagi dikarenakan harga jual jarak yang murah, sedangkan kalau harga jaraknya mahal maka biodiesel yang dihasilkan juga mahal.

Bappeda Sumsel Bapak Hasanuddin, SP., M.Eng Kami rasa, setuju untuk penggunaan biodiesel. Agar nanti OPD-OPD terkait dapat menyiapkan kegiatan yang kiranya dapat mendukung kegiatan tersebut sesuai dengan program pemerintahBappeda Kab. Banyuasin dan Kelurahan Betung sangat mengharapkan kegiatan ini berkelanjutan, memotivasi dan mengawal kegiatan ini hingga menghasilkan harapan salah satu produk unggulan yang ada dari Kabupaten Banyuasin. Selain itu sangat berkeinginan meningkatkan taraf hidup dengan memanfaatkan sampah organik yang diolah sehingga menghasilkan pupuk kompos cair dan padat.

Dinas Perkebunan Sumsel  Ir. Anung Riyanta, M.Sc Sebagaimana yang disampaikan oleh ESDM, biodiesel tidak hanya bisa untuk bahan bakar transportasi. Tetapi juga bisa untuk kelistrikan. Namun demikian belum ada harga yang sesuai dari PLN. Jika langsung ke masyarakat, investasi juga memerlukan biaya yang mahal. Terkait koperasi, yang memang mandiri dan secara kelembagaan baik, adalaj koperasi kelapa sawit. Beberapa koperasi bahkan memiliki dana simpanan untuk replanting tanpa bantuan dari BPDPKS. Hal ini menunjukkan bahwa koperasi di Kelapa Sawit adalah sustainable, karena tidak bersifat top down, dan lebih bottom up.

Pihak LPEM FEB UI akan melakukan kunjungan-kunjungan langsung ke OPD yang ada untuk mendapatkan data-data secara rinci terkait dengan riset ini. Pihak Bappeda dan Litbang OKU Timur akan menindaklanjuti hasil FGD ini dengan rapat koordinasi OPD terkait dan berkoordinasi bersama BPPT untuk merencanakan Revitalisasi mesin Biodiesel jarak yang ada di OKU Timur dan akan melakukan audiensi dengan Gubenrur Sumatera Selatan untuk tidak lanjut.

Foto Berita

1270
1271
1272