Temu Bisnis Produk-Produk Tenant Science Techno Park (STP) Sumsel
5 Januari 2019 (12:12:52)

486

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui  Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah telah menyelenggarakan acara TEMU BISNIS PRODUK-PRODUK TENANT SCIENCE         TECHNO PARK (STP) SUMSEL, bertempat di Hotel 101, Jl. Rajawali no 18 Palembang. Temu Bisnis kali ini dihadiri oleh Kepala OPD instansi terkait dalam lingkup Premprov Sumatera Selatan maupun Kabupaten Kota, Para Kepala UPT, pimpinan BUMN/ Perusahaan, dll.  Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan program inkubasi Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) 2018 yang mendapat pendanaan dari Kementerian Ristek Dikti. Pada tahun ini Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan melalui Inkubator Bisnis dan Teknologi Sumatera Selatan (INTENSS) berhasil menginkubasi 3 Tenant dalam lingkup UPT Science Techno Park Sumsel. Tenant tersebut yaitu Drone Tani, Indigo Feed dan Rekayasa Mesin.

Drone tani merupakan produk dari tenant CV. Aphodeo Agrotek yang berhasil melakukan inovasi dalam pembuatan drone yang memiliki dua fungsi yaitu penyemprot pestisida dan penebar benih. Drone ini memiliki keunggulan dalam kecepatan waktu, kepresisian hasil, biaya yang relative jauh lebih murah dan tentunya menghemat tenaga kerja jika dibandingkan dengan proses manual.

Indigo Feed merupakan salah satu pakan konsentrat sapi yang mempunyai keunggulan dalam nilai gizi serta berbasis kearifan local, sedangkan CV. Rekayasa Mesin adalah perusahaan alat/ mesin pertanian yang berinovasi dalam pembuatan mesin-mesin/ peralatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan petani.

Pembukaan acara diawali oleh sambutan Kepala Badan penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi DR. Drs. Alamsyah, MPd dan sambutan oleh Kepala UPT STP Sumsel Ir. Epina Cornely, MT, kemudian dilanjutkan dengan paparan dari ketiga tenant terkait inovasi produk yang mereka hasilkan. Semua pihak berkomitmen untuk saling membantu dan bekerja sama ubtuk memajukan produk-produk buatan local terutama hasil karya putra daerah untuk memajukan Sumatera Selatan maupun Indonesia secara umum. (Penulis: Desri Yesi).

 

Foto Berita

1267
1268
1269