Diskusi dan FGD di STP Sumsel Terkait Identifikasi Pengumpulan Data dan Bahan Pedoman Penyusunan Model Resources Sharing dan Kebijakan yang Mendukung Pengembangan STP Sumsel
21 November 2018 (21:51:36)

485
Koordinasi dan fokus grup diskusi (fgd) di STP Sumsel terkait identifikasi pengumpulan data dan bahan pedoman penyusunan model resources sharing dan kebijakan yang mendukung pengembangan STP Sumsel, yang berlangsung tanggal 18 Nopember di STP sumsel, berikut ini disampaikan beberapa informasi hasil kegiatan tersebut :
  • Acara diskusi koordinasi dan fgd ini berlangsung pada tanggal 18 Nopember 2018 bertempat di ruang rapat STP Sumatera Selatan. Acara ini diiukuti oleh 20 orang peserta, dihadiri oleh tim Direktorat Sistem Inovasi Dirjen Penguatan Inovasi (5 orang) yang dipimpin oleh DR. Adawiah, selain itu juga dihadiri oleh tim direktorat sarana prasarana , Dirjen Sumber Daya IPTEK Dikti ( 4 orang ) dipimpin oleh Bp. Herwin Heriyanto. STP Sumsel selaku tuan rumah mengikuti sertakan seluruh pejabat structural dan coordinator lapangan Acara dibuka oleh Kepala UPTB Sumsel, dilanjutkan dengan paparan tentang Profil dan kegiatan STP Sumsel. Acara diskusi dan fgd berlangsung dengan hangat. Kepala Sub Direktorat Sarana Prasarana dan Kepala Sub Direktorat Sistem Inovasi menyampaikan beberapa kebijakan hal yang terkait dengan pengembangan STP Sumatera Selatan.
         Poin penting yang dapat disimpulkan dari forum ini adalah :
  • Kemenristek Dikti melalui Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti mempunyai tanggung jawab untuk mendukung pengembangan STP di seluruh Indonesia. Walaupun secara tupoksi,kewenangan mendukung pengembangan STP berada pada Dirjen Kelembagaan tetapi secara fungsi kedua Direktorat jenderal ini yatu Sumber Daya Iptek dan Sistem Inovasi dapat membantu pengembangan STP sehingga lebih cepat berkembang.
  • Untuk Dirjen Penguatan Inovasi, STP dapat didampingi dalam pertemuan dan pembuatan kebijakan yang mengarah pada inovasi STP dan mempengaruhi kinerja STP. Apa saja yang harus dijalankan oleh STP, dapat dirancang dan dikomunikasikan temasuk pendampingan tenat di inkubator. Dirjen Penguatan inovasi akan melakukan fgd atau rapat koordinasi untuk menjaring kebutuhan dan masalah setiap STP sehingga STP dapat didampingi dari seluruh DIrektorat Jenderal yang ada di Kemenristek Dikti.
  • Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK DIKTI dapat membantu pengembangan STP dalam hal pemenuhanan kebutuhan sarana prasarana yang berkaitan erat dengan pelayanan utama yang harus dijalankan STP sehingga ke depan STP diharapkan mampu berdiri secara mandiri dan pelayanan secara optimal dapat diberikan kepada masyarakat.
  • Usulan sarana prasarana fisik dapat disampaikan ke Menteri Ristek Dikti, tembusan disampaikan kepada Dirjen Sumber Daya IPTEK DIKTI dengan memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan. Mekanisme usulan tetap mengacu pada ketentuan yaitu H-1 tahun sebelum pelaksanaan .
 
Salah satu kiat agar Pengembangan STP berhasil di Indonesia adalah adanya koordinasi dan komunikasi yang rutin dan kuat dari semua unsur. Kemenristek Dikti dalam hal ini dapat melibatkan seluruh Direktorat Jenderal untuk pendampingan dan pengembangan.
 
 

Foto Berita

1263
1264
1265
1266