Talkshow Inovasi Daerah dan Gelar Teknologi Guna serta Gelar Inovasi Kabupaten Muara Enim
19 November 2018 (08:23:17)

484

Kegiatan Talkshow Inovasi Daerah  dan Gelar Teknologi Guna serta Gelar Inovasi Kabupaten muara Enim berlangsung dari tanggal 12 -14 Nopember 2018 di Kabupaten Muara Enim. Dalam kesempatan ini, Balitbangda Sumsel dihadirin langsung oleh Kaban litbang bersama Ka.UPTB  STP Sumsel , staff litbang, tenant dan mentor Inkubator yang berasal dari UNIVERSITAS  SRIWIJAYA. Berikut ini disampaikan beberapa informasi  hasil mengikuti kegiatan tersebut:

Acara Talkshow Inovasi Daerah berlangsung pada tanggal 12 Nopember 2018  bertempat di Hotel Grand Zuri Muara Enim. Acara diikuti lebih kurang 200 peserta yang berasal dari unsure MUSPIDA Kabupaten Muara Enim, Kepala Satuan Kerja Kabupaten Muara Enim, Tim PKK muara Enim, BUMN dan BUMD yang ada di Muara Enim, Camat se kabupaten Muara Enim serta kalangan perguruan tinggi. Balitbangda Sumatera Selatan  dalam kesempatan tersebut dihadiri langsung KABAN Litbangda dan Ka.UPTB STP Sumsel.  Acara dibuka Bupati Muara Enim.  Acara talkshow dipandu oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Muara Enim.  Narasumber pada acara ini adalah :

a.Deputi Pelayanan Publik KEMENPAN Reformasi Birokrasi, Prof. Diah Natalisa.

b.Deputi Administrasi Negata, Lembaga administrasi Negara(DR.Widodo)

c.Kepala Pusat  Inovasi Daerah, BPP kemendagri ( Drs.Syafrizal M.Si)

d.Direktur Sistem Inovasi Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristek DIKTi. (DR. Kamsul).

Poin penting yang dapat disimpulkan dari talkshow ini adalah:

•Secara Konsisten Index Daya Saing Global Indonesia selalu naik walaupun tidak melompat. Tahun 2018 Index Daya Saing Indonesia berada di peringkat 85, naik satu peringkat dari tahun 2017. 

•Inovasi tidak hanya diwajibkan pada setiap satuan kerja untuk menciptakan satu inovasi per tahun untuk peningkatan  pelayanan public tetapi lebih daripada itu, inovasi harus terintegrasi dan dikerjakan secara bersama-sama antar berbagai sektor. 

•Lomba inovasi yang digagas oleh setiap Kementerian tidak perlu dijadikan satu supaya semangat/gelora inovasi semakin gairah di setiap Departemen dan Satker di seluruh Indonesia. 

•Kunci Sukses Pelayanan Publik ada 3 yaitu : Kepemimpinan Kepala daerah, Komitmen yang kuat dan sumber daya yang handal.

•Kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna dan Gelar inovasi berlangsung Di Gedung Olaharaga Muara Enim,  Acara berupa lomba, pameran dan lainnya. Pameran dan lomba dibuka resmi Bupati Muara Enim. Pameran Gelar Teknologi berlangsung dari tanggal 12-14 Nopember diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari satuan kerja, umkm binaan CSR BUMN, dll. Balitbangda menampilkan Inkubator Teknologi Sumsel ( INTENSS) dan tenan yang sedang diinkubasi incubator. Tenan tersebut adalah tenan CV. Mitra Sejahtera, CV. Rekayasa Mesin dan Drone TANI. Ketiga tenan tersebut menampilkan produk berupa pakan ternak indigofera, mesin pemotong batang hijauan serta DRONE untuk penyiraman pupuk serta untuk menebar benih. Pengunjung  pameran  antusias dengan produk tenan, terutama pengunjung yang berasal dari swasta dan satuan kerja . Banyak calon2 pengguna potensial hadir pada kesmpatan tersebut.

Selain kehadiran dalam pameran tersebut,  tim STP dan inkubator juga aktif melakukan tatapmuka dan menemui beberapa ppihak yang punya potensi dalam perkuatan permodalan, pemasaran dan pendampingan.  Adapun beberapa pihak yang bertemu dan berdiskusi dengan Tim Inkubator dan STP Sumsel adalah   Sosial Corporate Responsibility  ( CSR) PT. Bukit Asam, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian Peternakan dan lainnya.

Foto Berita

1255
1256
1257
1258
1259
1260
1261
1262