Penerapan Teknologi Pengolahan Sampah Rumah Tangga untuk Memenuhi Pasar Pupuk Kompos di Bandung
8 November 2018 (10:46:53)

483

Salah satu Implementasi dari program Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yaitu program pengentasan  Kemiskinan, lanjutan dari Kegiatan Aplikasi Pengolahan sampah organik dilaksanakan kegiatan kunjungan lapangan ke Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat dan ke Saung Taman Edukasi 3R ( Reuse,Reduce,Recyle) di Bandung Barat.

Dari hasil kunjungan ini dapat diterapkan pengolahan sampah baik organik maupun an organik dengan pola 3R yaitu Reduce  berarti kita mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak Lingkungan Reuse  sendiri berarti pemakaian kembali kemudian Recyle memilih produk dan kemasan yang bisa di daur ulang.

Pada kesempatan ini dari Dinas Lingkungan Hidup konservasi lingkungan dan keanekaragaman hayati Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat  Bidang  Konservasi Dan Pengendalian Perubahan Iklim (Ibu Nita Nilawati Walla,SP) Kepala Seksi Konservasi Lingkungan Dan Keanekaragaman Hayati   Bidang  Konservasi Dan Pengendalian Perubahan Iklim Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat  disini beliau memberikan  paparan mengenai kompos, pembuatan biopori, pembuatan pupuk organik cair dan mikroorganisme lokal, juga kegiatan pengembangan Eco Village (Kampung/Desa/Kelurahan Berbudidaya Lingkungan) guna meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

Kemudian di hari berikutnya dilakukan kunjungan lapangan yaitu ke Saung Taman Edukasi 3R yang terletak di Desa Tanimulya Kecamatan Ngamrah Kabupaten Bandung Barat. Di saung ini banyak di dapatkan informasi mengenai upaya peningkatan masyarakat dengan memanfaatkan sampah organik maupun sampah an organik.

Foto Berita

1252
1253
1254