Kunjungan Kerja Menristekdikti Republik Indonesia
30 Oktober 2018 (09:20:22)

481

Palembang, 27 Oktober 2018 bertempat di Posko Satgas Karhutla BPBD Provinsi Sumsel diadakan pertemuan dalam rangka kunjungan kerja Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk penanggulangan siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018, dihadiri oleh Plh. Kepala BBPT Dirjen Risbang Kemenristekdikti, Rektor Universitas Sriwijaya, Deputi Teknologi pengembangan SDM BPPT, Kepala BPBD Provinsi Sumsel dan Dansatgas penanggulangan Bencana Provinsi Sumsel.

Diawali oleh laporan Plh. Kepala BPPT dalam kegiatan Kunjungan Menristekdikti ke Posko Operasi TMC, untuk Penanggulangan Siaga Darurat Bencana Asap akibat kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Sumatera Selatan. Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau dulu dikenal dengan hujan buatan adalah suatu bentuk upaya intervensi manusia pada sistem awan untuk memodifikasi cuaca agar berprilaku lebih mengarah sesuai dengan yang dibutuhkan, umumnya adalah untuk meningkatkan intensitas curah hujan atau mempercepat proses hujan suatu tempat. TMC ini dilakukan dengan meniru proses alamiah yang terjadi di dalam awan. Sejumlah partikel hidroskopik yang dibawa dengan pesawat sengaja ditambahkan langsung ke dalam awan jenis cumulus (awan hujan) agar proses pengumpulan tetes air secara lebih efektif, maka proses hujan menjadi lebih cepat dan menghasilkan curah hujan yang lebih baik.

Dilanjutkan dengan sambutan Menristekdikti RI Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D, saat ini semakin meningkatnya frekuensi kejadian bencana hidrometeorologi di Indonesia aktivitas Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ini mulai banyak diaplikasikan dan dimanfaatkan untuk tujuan mitigasi bencana yang disebabkan oleh faktor iklim dan cuaca, seperti kekeringan, banjir dan bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan serta dalam menunjang program nasional dan mengamankan kegiatan-kegiatan nasional dan internasional sesuai dengan nawa cita presiden Joko Widodo yang ingin mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor-sektor strategis ekonomi domestik terutama sektor pertanian yang dititik beratkan pada upaya mewujudkan kedaulatan pangan, maka Kemenristekdikti sangat mendukung jika TMC ini dapat diterapkan sebagai salah satu solusi disektor pertanian seperti awal mula diterapkannya TMC di Indonesia. 

Selesai acara di Posko Darurat Bencana dilanjutkan dengan Peninjauan Pesawat TMC di Bandara Lama Palembang, pukul 13.00 Menristekdikti kembali ke Jakarta.

Foto Berita

1248
1249