Kunjungan kerja/study banding dalam rangka mencari data dan informasi untuk pembahasan Raperda tentang penyelenggaraan inovasi daerah Provinsi Jawa Tengah
3 Oktober 2018 (16:03:18)

474

Pada tanggal 03 Oktober 2018 bertempat di Aula Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan, Tim Pansus DPRD Provinsi Jawa Tengah bersama Tim Sekretariat DPRD, diikuti Bappedalitbang, Biro Organisasi dan Kepegawaian, Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama, Biro Hukum SETDA Provinsi Jawa Tengah dan Tim Ahli DPRD Provinsi Jawa Tengah telah melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Selatan melalui Balitbangda dalam rangka melakukan pembahasan rancangan penyusunan Perda Inovasi Daerah Provinsi Jawa Tengah. Hadir dalam kunjungan kerja tersebut beberapa OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan meliputi Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan, BAPPEDA, Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Kesehatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Rumah Sakit Khusus Mata Masyarakat.

Tim dari Provinsi Jawa Tengah diterima oleh Ir. Lukitariati, M.Si Kepala Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan sekaligus memimpin jalannya rapat. Pada pemaparan diawali Pimpinan rapat menjelaskan inovasi dan pengharagaan yang telah dicapai oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan antara lain : Inovasi Kemitraan Pengelolaan Landscape / Restorasi Gambut Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Sumatera Selatan, Infrastruktur Konektivitas Multi Moda Pendukung Asian Games 2018, Sumsel Cerdas, Jaminan Kesehatan Untuk Semua, Gertak Sejuta Mandiri untuk  Penanggulangan Kemiskinan.

Dalam kesempatan tersebut Tim Pansus DPRD Provinsi Jawa Tengah menggali informasi beberapa hal terkait pelaksanaan Inovasi Daerah di Provinsi Sumatera Selatan, meliputi :

  • Sejauhmana keterlibatan SKPD dan bagaimana merangkul SKPD di Provinsi Sumatera Selatan untuk melaksanakan Inovasi Daerah.
  • Apa saja yang dilakukan Perguruan Tinggi terhadap Inovasi Daerah.
  • Bagaimana cara merekrut tenant untuk di inkubasi di inkubator Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan.
  • Sejauh mana peran Sentra HKI dan berapa jumlah hak paten yang sudah ada.
  • Apakah di Provinsi Sumatera Selatan terdapat Sistem Inovasi Daerah.

Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan memberikan informasi terkait dengan pertanyaan yang disampaikan sesuai dengan fakta-fakta kegiatan inovasi yang telah dicapai oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, diantaranya pembangunan Jakabaring Sport City, Pembangunan LRT, Pembangunan fly over, pendanaan kegiatan pembangunan infrastruktur melalui APBD dan APBN serta keberhasil Sumatera Selatan dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

Diakhir kegiatan dilakukan pemutaran video pembangunan infrastruktur Sumatera Selatan dalam menyukseskan Asian Games, kemudian diikuti dengan pertukaran cindera mata dan foto bersama.

Foto Berita

1233
1234
1235
1236