Rapat Koordinasi Nasional Kelitbangan Pemerintah Dalam Negeri dan Soft Lounching Pusat Jejaring Inovasi Daerah Tahun 2018
15 Mei 2018 (14:01:19)

457

Penelitian dan pengembangan dapat dilakukan melalui kerja sama antara kementerian/lembaga pemerintah non kementerian, antar Pemerintah Daerah, dan/atau dengan perguruan tinggi serta lembaga penelitian dan pengembangan lainnya. Rapat koordinasi Nasional (RAKORNAS) Kelitbangan Pemerintah Dalam Negeri Tahun 2018 kemudian hadir sebagai wadah pertemuan selluruk aktor penelitian dan pengembangan di lingkungan Pemerintah Dalam Negeri untuk dapat mewujudkan sinergitas visi, misi, pprogram dan kegiatan serta menjaring permasalah-permasalahstrategis untuk pembangunan entitas kelitbangan Pemerintah Dalam Negeri lebih lanjut. Rakornas Kelitbangan Pemerintah Dalam Negeri Tahun 2018 mengambil tema “Penguatan Kelembagaan Penelitian dan Pengembangan dalam Mendorong Inovasi Daerah”.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) pada hari selasa dan rabu 8-9 Mei 2018 bertempat di Mercure Convention Center Ancol Hotel, Jln. Taman Impian Jaya Ancol,Jakarta Pusat.  Peserta ±  600 Orang yang terdiri dari Kepala Balitbang Kementerian dan Lembaga, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Seluruh Indonesia, Kepala Badan Litbang Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia dan Kepala OPD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang menyelenggarkan kelitbangan. Pada Acara Rakornas Kelitbangan tersebut Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan di hadiri oleh   Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Herri Yuheri, S.Sos. M.Si mewakili Kepala Balitbangda Prov. Sumsel

Hari Pertama Rakornas Kelitbangan diawali  Ucapan Selamat Datang oleh Kepala Pusat Litbang  Inovasi Daerah dan dilanjutkan Panel Diskusi dengan nara Sumber terdiri dari 1). Dirjen Otonomi Daerah, 2). Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas dan Ketua Himpunnan Peneliti Indonesia ( HIMPENINDO).

Pada Malam harinya dilaksanakan acara Pembukaan dan Soft Lounching Pusat Jejaring Inovasi Daerah, diawali dengan laporan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri Drs. Dodi Riyatmadji, MM, dan dilanjutkan Sambutan Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri Drs. Hadi Prabowo, MM dan sekaligus membuka secara resmi Rakornas Kelitbangan Pemerintahan Dalam Negeri dan Soft Lonching Pusat Jejaring Inovasi Daerah.

Dilanjutkan dengan Sidang - Sidang Komisi yang terdiri dari  Komisi  I membahas masalah  “Transformasi Kelembagaan Litbang”, dan komisi II membahas masalah “Strategi Kolaborasi Kelitbangan Nasional, Penajaman Program dan Kegiatan Kelitbangan serta Prosepek Pendanaannya” serta  Komisi  III membahas “Penguatan Tatakelola Pemerintahan melalui Inovasi Daerah dan Kolaborasi Lintas Stake holder”.

Hari Kedua Lanjutan sidang-sidang komisi kesepakatan hasil dan pengambilan keputusan dan selanjutnya hasil pembahasan komisi - komisi disampaikan pada forum pada saat penutupan Acara Rakornas Kelitbangan Pemerintahan Dalam Negeri yang langsung ditutup oleh Kepala Badan Penelitian Pengembangan kementerian Dalam Negeri Tahun 2018.

Foto Berita

1160
1161
1162
1163