Rapat Penyusunan Dokumen Kabijakan Strategis Daerah dan Agenda Riset Daerah Provinsi Sumsel Tahun 2018-2022
4 Mei 2018 (11:29:01)

455

Palembang, Pada tanggal 2 Mei 2018, bertempat di Ruang Rapat Balitbangda Provinsi Sumsel berlangsung Rapat Kegiatan Penguatan Dewan Riset Daerah Sumatera Selatan dengan  acara Penyusunan Dokumen Kebijakan  Strategis Daerah dan Agenda Riset Daerah Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018-2022. 

Acara ini dibuka oleh Kepala Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Lukitariati, M.Si dihadiri oleh Ketua dan anggota DRD Sumatera Selatan, Kepala Bidang, Kepala UPTB, Ketua Peneliti Balitbangda, dan Kepala Sub Bagian/Kepala Sub Bidang lingkup Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala Balitbangda mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Balitbangda, bekerjasama dengan Dewan Riset Daerah Sumatera Selatan akan menyusun Dokumen Kebijakan Strategis Daerah dan Agenda Riset Daerah Provinsi Sumsel 2018-2022.  Agenda Riset Daerah Provinsi Sumatera Selatan merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah dalam bidang penelitian dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi selama 5 (lima) tahun.  Penyusunan Dokumen Kebijakan Strategis dan ARD Provinsi Sumsel bertujuan untuk memberikan arah sekaligus menjadi acuan bagi pemangku kegiatan penelitian dan pengembangan iptek dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan pembangunan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi di Sumatera Selatan secara terpadu dan berkesinambungan.

Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Ir. H. Fachrurrozie Sjarkowi, M.Sc. (Ketua DRD Sumsel)  menyampaikan bahwa Agenda Riset Daerah harus dibuat sebaik mungkin, dan  merupakan kesempatan untuk menuangkan ide-ide inovatif.  Dokumen ini harus mengutamakan inovasi yang menyentuh kesejahteraan. Inovasi harus memasukkan unsur iptek untuk mengelolah produk unggulan daerah melalui Riset teknologi inovatif sehingga mampu berdaya saing.  Lebih lanjut Prof. Fachrurrozie menjelaskan bahwa ARD Sumsel ini di singkronkan dengan Dokumen RPJMD Provinsi Sumsel sehingga terjadi kolaborasi antar lembaga melalui Sistem Inovasi Daerah untuk meningkatkan pembangunan di Sumsel.

Dokumen ini akan menjadi acuan bagi Kabupaten/Kota di Provinsi Sumsel, dan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam melakukan  kegiatan penelitian dan pengembangan, sekaligus dapat menjadi rujukan bagi Balitbangda di Indonesia yang melakukan kunjungan ke Sumsel dalam menyusun Agenda Riset Daerahnya.

File bisa didownload di sini

Foto Berita

1147
1148
1149
1150
1151