Laporan sebagai Nara Sumber Pemantapan Penyusunan Penguatan SIDa Ogan Ilir
5 November 2015 (09:02:31)

Focus Group Discussion (FGD)  FGD Pemantapan Penyusunan Roadmap Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Kabupaten Ogan Ilir  dilaksanakan pada hari selasa tanggal 20 Oktober 2015 bertempat di Ruang rapat kantor Bupati Ogan Ilir.  FGD ini dilaksanakan oleh Pemkab Ogan Ilir dibuka oleh Asisten Sekda Ekonomi dan Pembangunan  bapak Eriyadi SH, MM mewakili Pejabat Bupati Ogan Ilir H. Yulizar Dinoto, SH  dengan Nara Sumber  Kepala Bidang Pengkajian Pemerintahan dan Sosial Budaya Ir. Hj Ernila Rizar MM mewakili Kepala Balitbangnovda Sumatera Selatan Dr. Drs. Alamsyah, M Pd. dan Konsultan yang ditunjuk untuk menyusun Roadmap dimaksud.  FGD diikuti perwakilan SKPD dari Kab Ogan Ilir, pihak Universitas Sriwijaya, Prof. Sulastri dan UKM Maju Bersama.  Pada sambutannya Asisten  Sekretariat Daerah Ogan Ilir mengharapkan dgn dilaksanakan FGD ini dapat memberikan masukan terhadap draf Roadmap Penguatan SIDa Kabupaten Ogan Ilir.

Pada paparan draf Roadmap Penguatan Roadmap SIDa Kabupaten Ogan Ilir yang dilaksanakan oleh pihak konsultan masih banyak yang perlu dilengkapi.

Nara Sumber dari Balitbangnovda pada paparannya menyampaikan bahwa penyusunan Roadmap Penguatan SIDa merupakan implementasi dari Peraturan Bersama Menteri Riset dan Teknologi no 03 dan Menteri dalam Negeri no 12 tahun 2012 tentang Penguatan Sistem Inovasi Daerah.

Pada Peraturan Bersama tersebut telah diatur bahwa outline dari Roadmap Penguatan SIDa adalah sbb :

  1. Kondisi sistem inovasi daerah saat ini
  2. Tantangan dan peluang penguatan sistem inovasi daerah
  3. Kondisi sistem inovasi daerah yang akan dicapai
  4. Arah kebijakan dan strategi penguatan sistem inovasi daerah
  5. Fokus dan program prioritas sistem inovasi daerah
  6. Rencana aksi penguatan sistem inovasi daerah

 Kondisi Sistem Inovasi Daerah juga dijabarkan pada 5 pilar yaitu :

?  1.Pilar Prakarsa Penguatan Sistem Inovasi Daerah

?  2.Pilar Prakarsa Pengembangan klaster industri unggulan daerah

?  3. Pilar Prakarsa Pengembangan jaringan IPTEKIN

?  4.Pilar Prakarsa Perngembangan Bisnis inovatif

?  5.Pilar Prakarsa Pengembangan bidang-bidang IPTEKIN strategis daerah (tematik  daerah).

Roadmap Penguatan Sistem Inovasi Daerah juga perlu diintegrasikan kedalam RPJMD Kab. Ogan Ilir, karena RPJMD Kab Ogan Ilir baru dalam proses penyusunan maka untuk tahun 2015 penyusunan Roadmap SIDa baru pada tahap draf awal.