Serah Terima Desain Fasilitas Produksi Kompon Karet dan Vulkanisir Ban dari BPPT ke Pemkab Ogan Ilir
2 Desember 2014 (13:56:57)

257

Ogan Ilir, hari Selasa tanggal 25 Nopember 2014 bertempat di Komplek Perkantoran Baru Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, telah dilaksanakan kegiatan serah terima desain industri kompon dan vulkanisir ban yang dihadiri oleh Deputi Kepala Bidang TIEM BPPT dan Tim BPPT, Bupati Ogan Ilir beserta perangkatnya, Tim Disperindag Provinsi Sumatera Selatan, Direktur Industri Kimia Hilir Kementerian Perindustrian RI, Baristand Industri Palembang, dan Undangan lainnya. Ir. Tapip Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kab. Ogan Ilir mengawali acara dengan menyampaikan laporan singkat. Kegiatan pilot project industri kompon dan vulkanisir ban diawali dengan adanya MoU antara Kepala BPPT dengan Bupati Ogan Ilir untuk merevitalisasi sarana produksi industri. Kemudian Kemenperind RI mengoptimalkan sarana produksi industri dengan memberikan bantuan peralatan industri kompon berupa Kneider. Pilot project terus melakukan ujicoba yang akhirnya dapat memproduksi kompon untuk vulkanisir ban dengan produksi yang baik pada bulan September 2014. Kegiatan industri ini dimantapkan dengan adanya pertemuan di BPPT Serpong pada tanggal 5 September 2014 yang melakukan kesepakatan untuk menindaklanjuti kegiatan industri tersebut melibatkan berbagai stakeholder sesuai dengan perannya masing-masing.

Deputi Kepala Bidang TIEM BPPT Dr. Ir. Hamam Riza, M.Sc dalam sambutannya mengatakan bahwa Pusat Teknologi Material BPPT merupakan mitra kerja kegiatan Pilot Project Sarana produksi industri Kompon dan vulkanisir ban di Ogan Ilir. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membentuk Klaster Karet yang dapat memberikan nilai tambah karet alam. BPPT sudah mengembangkan sarana produksi sebagai Pilot Project yang dapat menjadi percontohan / model industri hilirisasi karet di Indonesia. Kita tidak boleh gagal dalam kegiatan hilirisasi karet. BPPT selalu mendukung kegiatan pengembangan hilirisasi karet melalui kesepakatan bersama. Melalui serah terima desain yang dilakukan hari ini, jangan dikatakan kegiatan BPPT di Ogan Ilir telah selesai, tetapi merupakan langkah awal untuk memandirikan kegiatan industri. BPPT tetap mensupport kegiatan hilirisasi karet ini.

Bupati Kabupaten Ogan Ilir menjelaskan mengenai anjloknya harga karet di pasaran, sehingga industri hilir kompon dan vulkanisir ban merupakan alternatif yang dapat meningkatkan nilai jual karet alam. Pemkab Ogan Ilir sangat mendukung kegiatan industri hilir ini dengan mengalokasikan dana melalui APBD. Pemkab Ogan Ilir sangat berterima kasih kepada Kemenperin RI dan BPPT serta pihak-pihak yang terlibat dalam merevitalisasi mesin sarana produksi kompon dan vulkanisir ban. Produksi kompon yang dilakukan mempunyai peluang pasar yang sangat baik dan nilainya jelas.

Pada akhir kegiatan dilakukan penandatanganan Deklarasi Kesepakatan Kerjasama Implementasi Pemanfaatan Klaster Karet Melalui Pengembangan Industri Kompon di Kabupaten Ogan Ilir. Penandatangan dilakukan oleh Stakeholder terkait: 1) Direktur Pusat Teknologi Material BPPT, 2) Direktur Industri Kimia Hilir Kemenperind RI, 3) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Sumsel, 4) Kepala Balitbangnovda Prov. Sumsel, 5) Direktur Pusat Pengkajian Kebijakan Inovasi Teknologi BPPT, 6) Deputi Kepala Bidang TIEM BPPT dan 7) Bupati Kabupaten Ogan Ilir.

Selanjutnya, seluruh peserta melakukan kunjungan ke sarana produksi industri kompon dan vulkanisir ban di Desa Sukaraja Kabupaten Ogan Ilir.

Foto Berita

646
647
648
649
650