Updating Dasboard Aplikasi Monev SDGs (Sustainable Development Goals) di Provinsi Sumatera Selatan
27 November 2023 (09:06:07)

1184

Jumat, 17 November 2023 Kepala Bidang Sosial dan Kependudukan Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan Vera Agustini, SE., MM, di dampingi Reni Oktarina,SKM.,M.Epid, menghadiri Rapat Updating Dasboard aplikasi Monev SDGs, Tagging Program, Kegiatan anggaran dan dukungan pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) /SDGs di Provinsi Sumatera Selatan.

Acara Rapat dibuka oleh Kepala Bidang Pemerintahan Kesejahteraan Sosial dan Kesejahteraan Rakyat Bpk. Sultan M. Syah, SE, SH, MM. ada sambutan tersebut beliau menyampaikan bahwa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

 TPB/SDGs merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 4 pilar (ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola) yang terbagi kedalam 17 tujuan yaitu (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Pada acara tersebut dibahas evaluasi untuk perbaikan dashboard aplikasi monev SDGs. Masukan dari peserta, antara lain jika dalam aplikasi perlu di tambahkan fitur -fitur untuk menambahkan data bukti dukung yang ada. Selain itu data bukti dukung tersebut harus yang sudah di sahkan oleh OPD terkait.  Aplikasi ini merupakan salah satu inovasi dari Bappeda Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka melakukan evaluasi terhadap kinerja indikator SDGs.  Dengan adanya aplikasi ini diharapkan masyarakat yang membutuhkan data dan informasi terkait  indikator SDGs dapat melihat dashboard pada aplikasi ini.

Foto Berita

3933